//
you're reading...
ARTIKEL

POOR IS NOT DESTINY


POOR IS NOT DESTINY , Bagi seorang muslim, takdir adalah sebuah kewajiban yang harus dipercayai, karena pada hakikatnya takdir merupakan ketentuan yang  telah ditetapkan oleh Tuhan sebelum manusia diciptakan di bumi. Berdasarkan Al-Qur’an, Tuhan telah menggariskan semua takdir manusia. Mau tidak mau kita sebagai umat Nabi SAW  harus menyakini dogma agama yang telah ditulis dalam kitab suci Al-Qur’an.

Mempercayai takdir sama halnya kita mempercayai  adanya Tuhan dan jika kita tidak percaya pada takdir, berarti kita tidak percaya pula adanya Tuhan. Tidak hanya pada Islam saja, semua ajaran agama yang ada di bumi ini pasti percaya adanya takdir Tuhan. Oleh karena itu sebagai umat manusia yang hidup di bumi ini, kita hanya bisa pasrah pada ketentuan takdir yang telah ditetapkan.

Jika semua ketetapan yang terjadi di bumi ini adalah takdir Tuhan, berarti orang yang membunuh itu tidak boleh disalahkan, Berdasarkan paham jabariyah, bahwasanya manusia hidup di dunia ini tidak punya kuasa untuk merubah nasibnya. Beda lagi dengan pemahaman Qodariyah, bahwa manusia itu punya kekuasaan untuk merubah nasibnya sendiri. Seperti pada kasus pembunuhan jika kita menggunakan paham jabariyah artinya orang yang dibunuh itu sudah merupakan takdir dari Tuhan.

Jika kita menilik  kasus yang ada di Indonesia pada saat ini, contoh misal masalah kemiskinan yang dari jamannya  Presiden Suharto sampai Sby masih menjadi momok yang belum terpecahkan.  Kemiskinan yang terjadi bukanlah karena memang murni takdir dari Tuhan melainkan takdir yang di buat oleh pemerintah negeri ini. Pemerintah yang hanya mementingkan nafsunya untuk mengeruk kekayaan sebesar- besarnya mumpung menjadi pejabat.

Berdasarkan konteks kemiskinan  yang ada pada Negara Indonesia ini, kita semua tahu bahwa kemiskinan yang ada bukanlah akibat adanya takdir melainkan karena pemerintahan yang tidak berupaya mengentaskan kemiskinan. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri dan cuek terhadap rakyat kecil. Karena saya yakin bahwa Tuhan tidak pernah menakdirkan seseorang itu hidup miskin ataupun kaya. Kehidupan seseorang bisa kaya atau miskin itu karena tergantung pada usaha mereka masing-masing. Jika kita mau berusaha dan bekerja keras serta diiringi dengan doa niscaya Tuhan akan memberikan jalan pada kita.

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: