//
you're reading...
ARTIKEL

Inilah 5 Modus Cuci Uang Para Koruptor


Diambil dari kompas, Pusat Pelaporan dan Analissi Transaksi Keuangan melaporakan sekirangnya ada 5 cara Modus Cuci Uang yang di lakukan oleh para Koruptor. Kelima Instrumen itu adalah rekening rupiah, polis asuransi, deposito, dan avaluta asing (valas).

Di dalam riset tipologi yang dilakukan oleh PPATK pada semester 1 tahun 2012 dengan fokus pada tipologi terkait tindak pidana korupsi dan pencucian uang, ada lima instrumen yang biasa digunakan para koruptor. Kleimanya yakni rekening rupiah (35, 1persen), polis asuransi (13, 8 persen). deposito ( 13, 2 persen). dan valuta asing (9,2 persen).

berdasarkan model kelima pencucian diatas, biasanya mereka orang yang korupsi mengaku memiliki bisnis money charger sebagi dalih kepemilikan valuta asing dalam jumlah besar. kata “Yusuf”.

Lebih lanjut lagi yusuf menerangkan bahwa pola transaksi atau modus yang paling banyak digunakan adalah transaksi tunai baik setoran maupun tunai. Dan transaksi seperti ini sangat sulit sulit di deteksi kata Yusuf.

selain menggunaklan modus kepemilikan valuta asing cara lainnya yaitu dengan menampung dana dalam jumlah yang besar pada rekening pribadi yang bersangkutan atau pihak lain yang bukan keluarga tapi masih terkait yang bersangkutan.

sourch: Kompas.com

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Syarat- Syarat Busines Legal Contract|Sebab Batalnya Kontrak| Hukum Kontrak « CORETAN PUENA - January 11, 2013

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: