//
you're reading...
ARTIKEL

Bahaya, ciuman bisa menimbulkan penyakit mononucleosis


Berhati-hatilah jika anda berciuman, karena selain mendapatkan kenikmatan ternyata ciuman itu ada efek buruknya. Mengutip dari merdeka.com sebuah penelitian terbaru menyebutkan kalau berciuman, tepatnya french kiss, mampu menimbulkan mononucleosis. Mononucleosis atau yang biasa disingkat menjadi mono ini memang sering disebut sebagai penyakit ciuman. Seperti yang dilansir oleh My Health News Daily (27/12), mono disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Cara penyebarannya adalah melalui kontak ludah yang dihasilkan penderita. Mono juga menyebar melalui batuk, bersin, berbagi makanan, namun tidak menular seperti flu, demikian menurut Mayo Clinic.

Banyak orang menderita mono sebelum beranjak dewasa dan sistem imun mulai berkembang untuk melawannya. Untuk gejala mono sendiri, biasanya penderita akan mengalami radang tenggorokan, lelah berlebihan, sakit kepala, nafsu makan menurun, dan amandel membengkak. Meskipun demikian, beberapa orang yang mengidap mono juga kadang tidak memiliki gejala sama sekali.

Penelitian ini tepatnya dilakukan oleh para ahli dari University of Minnesota Medical School di Minneapolis. Mereka melibatkan 143 mahasiswa yang diperiksa darahnya untuk mengetahui keberadaan antibodi pelawan virus Epstein-Barr.

Hasilnya, sebanyak 63 persen mahasiswa positif memiliki antibodi, artinya mereka pernah mengidap mono di masa lalu. Sebanyak 66 persen mahasiswa juga ternyata menderita mono, namun sekitar 59 persen dari mereka saja yang menunjukkan gejala.

Mahasiswa yang punya penyakit mono biasanya mengidap penyakit tersebut selama 17 hari. Tetapi penyebaran virus terhadap orang lain bisa berlangsung lebih lama, yaitu sekitar lima bulan.

Hasil penelitian tentang kaitan antara ciuman french kiss dan penyakit mono ini pun dilaporkan dalam Journal of Infectious Diseases.

sourch

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: