//
you're reading...
ARTIKEL

Smesco, Tempat Belanja Terlengkap Di Jakarta


pasar murah, pasar terlengkap

Diambil dari kompas, 17 Desember 2015. Dikota Jakarta sekarang ada tempat belanja paling lengkap yang menyediakan bermacam barang di Nusantara. SMESCO (Small and Medium Cooperatives) yang berlokasi di SME Tower, Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta. Beragam barang dari penjuru nusantara di perjual belikan disana ada, mulai dari barang-barang fashion seperti tas, gelang, makanan tradisional seperti kripik, koipi, kacang-kacangan, beragam ukiran, tenu, dan tak lupa batik.

Kepala Bagian Layanan Bisnis SME Tower, Astika, yang ditemui Kompas.com, menjelaskan bahwa SMESCO ini berkonsep layaknya departement store, namun bedanya, yang dijual disini yaitu produk-produk unggulan yang berasal dari UKM di seluruh Indonesia.

Berada di bawah naungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, dengan adanya SMESCO ini, diharapkan dapat mengangkat citra UKM, agar produk-produk Indonesia dapat bersaing di pasaran.

“Produk unggulan daerah di kami ini mementingkan kualitas, misal pada packaging-nya yang harus bagus. Karena terkadang ada produk-produk UKM itu misalnya makanan, rasanya enak dan cocok untuk dipasarkan, namun mereka mengemasnya kurang baik, jadinya nggak menarik. Nah kita di sini juga memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pelaku UKM itu bagaimana cara mengemas produk misalnya,” paparnya.

Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki stan produk unggulan mereka yang dinamai Paviliun Provinsi. Paviliun Provinsi terletak di lantai 3, 11, 12, dan 15. Masing-masing paviliun, didesain sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing. Produk-produk yang dijual pun produk terbaik dari daerahnya.

Seperti Sumatera Barat, yang terkenal dengan keripik baladonya. Di Paviliun Sumatera Barat, tersedia bermacam keripik, yang pastinya khas buatan langsung Ranah Minang ini.

Batik, sebagai salah satu produk unggulan Indonesia ditemukan dengan beragam motif disini. Tetapi, bukan sembarang batik yang dipasarkan di sini. Menurut Astika, batik yang dipasarkan bukanlah batik printing, minimal dibuat dengan cap atau kombinasi dengan batik tulis, untuk mengutamakan kualitas.

Ke depan, SMESCO akan menjadi pusatnya para UKM. “Kita mau jadi one stop shopping untuk produksi. Kalau TMII itu menjadi pusat budaya, kita pusat produk nasional,” tambah Astika.

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: