//
you're reading...
Trik SEO

Pengertian Keyword Density


Keyword Density mungkin ini bukan berita yang baru bagi saya, anda atau bagi semua orang yang menggeluti web. Keyword berasal dari bahasa Inggris yang artinya “Kata Kunci” sedangkan Density artinya yaitu “Kepadatan” kata dalam sebuah paragraf atau dalam satu artikel. Pengertian Keyword Density  dalam istilah kita diartikan sebagai kepadatan/kerapatan kata kunci. Perhitungan dilakukan dengan membandingkan jumlah kata kunci yang dideteksi dengan jumlah keseluruhan kata per halaman. Lebih jauh lagi, Mesin Pencari akan membaca keyword density mulai kata kunci satu kata, dua kata dan seterusnya. Kemudian hasil perbandingan itu dilaporkan dalam prosentase.

Prosentase Tinggi atau Rendah?

Lalu? yang lebih baik dengan prosentase tinggi atau rendah? Yang paling baik adalah “pas” saja. Jika keyword Density Anda rendah hanya 0,00% maka blog Anda benar-benar tidak efektif. Anda seperti hanya menulis untuk orang namun bukan untuk mesin pencari. Jika keyword density Anda tinggi, misal 50%, itu juga berarti buruk karena Anda berlebihan mengejar mesin pencari. Artikel Anda seperti hanya menanam kata kunci dan mengabaikan keindahan bertutur kata. Mesin pencari bisa menilai itu spam.
Keyword Density Ideal

Setiap mesin pencari memiliki pertimbangan sendiri. Untuk Google kebanyakan katakan usahakan untuk bertahan di bawah 6%. Sementara berbagai mesin pencari lain seperti Yahoo! juga punya prosentase sendiri. Namun, ahli-ahli SEO sepakat untuk menjaganya hingga 5%. Keyword Density yang bagus adalah 4-5%.

Cara Cek Keyword Density

Ada banyak tools untuk cek keyword density. Salah satunya adalah Webuildpages
1. Silahkan menuju ke Webuildpages Keyword Densty Checker

2. Pada Ignore words tentukan maksimal jumlah kata yang akan dideteksi. Misal Anda isi 3, maka tools akan cek hingga keyword 3 kata. Pada Minimum isi batas minimal jumlah temuan per keyword. Misal Anda isi 2, maka tools hanya melaporkan keyword-keyword yang minimal ditemukan 2 kali.

3. Centang semuanya untuk analisa kerapatan meta tag juga dan klik Submit.

4. Akan muncul laporan di bawahnya.

Yang pasti tidak semua tools memberikan hasil yang sama, karena itu tidak bisa dikatakan benar-benar akurat. Anda hanya bisa menganggapnya sebagai sebuah prediksi. Saya hanya memberi satu contoh saja dari ratusan tools checker yang Ada. Jika Anda mempunyai rujukan, silahkan berikan link lewat komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat menikmati semoga berhasil dalam menerapkan Keyword Density

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: