//
you're reading...
ARTIKEL

Pajak Progesif Buat Rakyat Miskin


Pajak adalah iuran wajib yang dibayar oleh rakyat kepada negara. Di Indonesia pajak adalah sektor pendapatan negara yang utama. Saat ini tarif pajak PPh pada yang tertuang dalam pasal 28/29 untuk wajib pajak orang pribadi berdasar pada pasal 17 undang-undang no 36 Tahun 2006 tentang pajak penghasilan adalah maksimal 30% untuk orang yang berpenghasilan Rp 500 juta keatas pertahun. Untuk kedepannya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan mengusulkan pembaharuan skema  dalam pajak penghasilan (PPh) untuk pribadi . Perubahan skema dalam pajak penghasilan (PPh) untuk pribadi. Perubahan skema yang akan dilakukan yaitu akan diperlaklukannya pajak progesif untuk orang kaya dan menaikan batas penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Yang dimaksud dengan pajak progesif adalah makin tinggi penghasilan wajib pajak (wp) pribadi maka makin tinggi pula tarif pajak PPh yang dikeluarkan. Seperti yang disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR Ecky Awal Mucharom , konsep dasar pajak adalah memungut sebagian penghasilan borang kaya untuk didistribusikan kepada rakyat . karena itu pajak progesif untuk orang kaya sangat bagus sekali di laksanakan di Indonesia ini. Kebijakan yang dilakukan oleh komisi XI DPR ini sangat tepat sekali jika dijalankan dengan baik, mengingat kondisi rakyat Indonesia yang saat ini rakyatnya sebagian masih banyak yang miskin dan cara yang sangat tepat untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia saat ini belum ada. Oleh karena itu dengan adanya pajak progesif ini sangat diharapkan dapat merubah ataupun mengurangi kemiskinan yang ada di indonesia ini. karena siapa lagi yang dapat menghilangkan kemikinan kalau pemerintah tidak segera bertindak dengan tegas.

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s