//
you're reading...
ARTIKEL

Game Yang Tepat Menghasilkan Manfaat Bagi Si anak


Mungkin kita sering mengasosiasikan bahwa video game adalah hal yang negatif. Karena kebanyakan jika kita punya anak, dan anak itu kita belikan playstation atau Nitendo DS mereka cenderung akan sering bermain ngedon di depan tv untuk maen game, karena keasyikannya terkadang si anak lupa akan belajar dan terkadang lupa makan. Dan bahkan si anak akan suka mengutak atik controler daripada maen bola bersama teman-temanya.

Tapi anda jangan khawatir, karena justru game tersebut bisa menghasilkan manfaat. Sebuah game itu memiliki efek candu, ada rasa penasaran jika si anak itu belum mampu berhasil mengalahkan musuh terkuat atau dalam level tersulit. Rasa penasaran inilah yang nantinya akan memberikan nilai positif pada game, karena pada umumnya, video game merangsang kinerja otak yang mempengaruhi kecerdasan. Sebab bisa dipastikan semua jenis game membutuhkan strategi unutk memenangkan. Jadi si anak dituntut untuk selalu berfikir agar bisa mengalahkan dan menang. Selain strategi, yang dibutuhkan untuk memenangkan permainan adalah ketangkasan dalam mengontrol controler, mungkin dalam permainan balab mobil, balap sepeda montor, dituntut untuk menggerakan pengendali baik mouse ataupun yang lainnya. Hal ini sangat berguna untuk melatif saraf motorik anak. Paling tidak koordinasi antara otak, mata, dan tangan berperan disini.

Game juga efektif untuk melatih kesabaran. Disini kita harus bisa melihat dan mengevaluasi karakter seorang anak dari caranya menyikapi kekalahan. Jika kalah apakah si ank akan ngambek, atau membanting controller atau menyalahkan lawan gamenya atau sebaliknya malah semakin bersemangat dan tepacu untuk bermain lebih baik lagi. Disini peran seorang ibu harus bisa mendampingi dan mengarahkan si anak untuk menyikapi kekalahan dengan sportif, beri motifasi dia agar sportif dan kalau dirumah ada teman yang ikut bermain, selalu ditanamkan permainan yang sportif untuk mereka.

Nah itulah beberapa manfaat bermain game bagi seorang anak, bisa melatih kesabaran, meningkatkan kecerdasan, akan tetapi meski game banyak manfaat bagi sia anak, sebagai orang tua kita harus hati-hati dalam memilih game, karena tidak semua game cocok buat si kecil. Misalnya game fighting yang mengandung kekerasan hal ini tidak cocok untuk permainan si anak karena berpotensi bisa ditirukan si anak. Contoh game yang cocok buat si kecil yaitu contohnya RPG super Mario (wii), Action new  super mario bross (wii dan DS) super mario galaxy 2 (wii), dragon quest sward (will), racing mario kart (wii dan DS)

Sumber: Radix Wp Pakar vidio game

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s