//
you're reading...
ARTIKEL

Bagimana Cara meningkatkan Daya Ingat Otak.


Cara meningkatkan Daya Ingat Otak. Pelupa adalah sifat manusia yang manusiawi, karena di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Otak manusia memiliki kapasitas sekitar 1000 cc,  dan kemampuan untuk mengingat sesuatu itu sangat berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lainnya. Itu sangat tergantung dari kemampuan masing-masing manusia dalam mengelola kemampuan otaknya. Berikut saya berikan sedikit Tip dan cara meningkatkan Daya Ingat Otak.

  1. Olahraga. Olahraga bukan berarti baik untuk raga kita saja, dengan berolahraga secara teratur, selain menjaga badan kita tetap fit juga bisa membantu kita untuk meningkatkan kinerja otak sehingga tidak mudah lupa. Plak yang menumpuk di sel darah kita yang menyebabkan aliran nutrisi ke otak menjadi terhambat dan dengan berolahraga bisa mengurangi plak tersebut sehingga otak kita tetap sehat.
  2. Jaga emosi. Orang yang tidak bisa mengendalikan emosi biasanya gampang terkena stress, stress ini bisa menyebabkan kinerja otak kita terganggu karena ada beban pikiran yg lain. So aturlah emosi untuk meningkatkan daya ingat otak.
  3. Tidur yang cukup. Tidur di sini bukan hanya tidur di malam hari, akan tetapi juga termasuk tidur siang. Ketika tidur, otak kita akan merekam kembali kejadian-kejadian yang dialami sebelum tidur. Terutama setelah mempelajari sesuatu, misal ketika belajar sebelum ujian.
  4. Mendengarkan musik. Berdasarkan penelitian, musik-musik tertentu bisa membantu kita untuk menghafal lebih cepat (meningkatkan daya ingat otak) sambil mendengarkan musik tersebut.
  5. Mengajar. Mengajari orang lain tentang sesuatu hal yang sudah kita ketahui juga bisa meningkatkan daya ingat otak kita karena secara tidak langsung kita juga mengulangi hal tersebut, bahkan bisa hafal di luar kepala.
  6. Mengisi teka-teki silang. Selain mengisi waktu luang, teka-teki silang juga bisa kita gunakan untuk meningkatkan daya ingat. Semakin sering kita melatih otak, semakin kuat juga kinerja otak kita.
  7. Banyak menghafal, jika kita pernah belajar di Pondok pesantren biasanya seorang ustad sering menyuruh santri untuk menghafal surat-surat yang terdapat pada jus 30, nah hal ini juga sangat efektif untuk meningkatkan daya ingat otak

Selain itu cara yang dilakukan diatas, pola makan juga sangat memperngaruhi cara  meningkatkan daya ingat otak.

sumber: http://blogedek.blogspot.com

 

 

 

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s