//
you're reading...
ARTIKEL

Pengertian MOdal Ventura dan Jenis Pembiayaannya


  1.    Pengertian Modal Ventura

Istilah ventura berasal dari kata venture, yang berarti sesuatu yang mengandung risiko atau dapat pula diartikan sebagai usaha. Jadi, modal ventura (venture capital) adalah modal yang ditanamkan pada usaha yang mengandung risiko. Modal ventura adalah merupakan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu.  Menurut Handoyo Dipo, Modal Ventura adalah suatu dana usaha dalam bentuk saham atau pinjaman yang bisa dialihkan menjadi saham. Berdasarkan Kepress No. 61 Tahun 1988, Modal Ventura adalah usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam usaha suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.

Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyertaan modal secara tunai yang ditentukan dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha. Investasi modal ventura ini biasanya memiliki suatu resiko yang tinggi namun memberikan imbal yang tinggi pula. Kapitalis ventura atau dalam bahasa asing disebut venture capitalist (VC), adalah seorang investor yang berinvestasi pada perusahaan modal ventura.

Dana modal ventura ini mengelola dana investasi dari pihak ketiga (investor) yang tujuan utamanya untuk melakukan investasi pada perusahaan yang memiliki resiko tinggi sehingga tidak memenuhi persyaratan standar sebagai perusahaan terbuka ataupun guna memperoleh modal pinjaman dari perbankan. Investasi modal ventura ini dapat juga mencangkup pemberian bantuan manajerial dan teknikal. Kebanyakan dana ventura ini adalah berasal dari sekoelompok investor yang mapan keuangannya, bank investasi, dan istitusi keuangan lainnya yang melakukan pengumpulan dana ataupun kemitraan untuk tujuan investasi tersebut.pernyataan modal yang dilakuakn oleh modal ventura ini kebanyakan dilakukan terhadapa perusahaan-perusahaan baru berdiri sehingga belum memiliki suatu riwayat operasional yang dapat menjadi catatan guna memperoleh suatu pinjaman. Sebagai bentuk kewirausahaan, pemilik modal ventura biasanya memiliki hak suara sebagai penentu arah kebijakan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Jenis Pembiayaan Modal Ventura

Jenis –jenis pembiayaan Modal Ventura diantaranya sebagai berikut:

  1. Equality Financing, merupakan jenis pembiayaan langsung dalam hal ini perusahaan modal ventura melakukan penyertaan secara langsung pada perusahaan pasangan usaha dengan cara mengambil bagian dari ju,lah saham milik perusahaan pasanagn usaha.
  2. Semi Equality Financial, merupakan jenis pembiayaan dengan cara membeli obligasi konversi yang diterbitkan oleh perusahaan pasangan usaha.
  3. Mendirikan perusahaan baru adalah hal ini perusahaan modal ventura bersama-sama dengan perusahaan pasangan untuk mendirikan usaha yang baru sama sekali.
  4. 4.      Bagi Hasil, merupakan jenis pembiayan yang ditunjukan kepada usaha kecil yang belum memiliki bentuk badan hukum PT. Namun tidak tertyutup kemungkinan dengan yang berbadan hukum PT, apabila kedua pihak saling mengingikannya.

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s