//
you're reading...
ARTIKEL

Pajak dan Zakat


Bagi umat islam zakat merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Rukun Islam terdiri dari mengucapkan dua kalimat shahadat, sholat lima waktu, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan menunaikan haji jika mampu.

Zakat berasal dari kata “ Tazkiyah” yang artinya mensucikan. Sedangkan menurut istilah adalah mengeluarkan sebagian harta yang telah mencapai nisab untuk diberikan kepada orang yang berhak menerima zakat (mustahiq) sesuai dengan ketentuannya.

Zakat merupakan hak orang – orang fakir miskin, jika seseorang yang mempunyai harta benda yang telah mkencapai satu nisab dan tidak bersedia mengeluarkan zakat, berarti mereka memakan haknya orang-orang fakir miskin. Dan orang-orang yang memakan haknya fakir miskin, maka neraka adalah tempat bagi mereka.

Zakat terbagi menjadi dua macam yaitu Zakat Fitrah dan Zakat Mal.

Zakat Fitrah

Zakat Fitrah ini adalah merupakan zakat makanan pokok yang dimakan sehari-hari kepada orang yang berhak menerimanya. Besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah 3,1 liter atau lebih kurang 2,5 kg bahan makanan pokok. Waktu mengeluarkan zakat fitrah ini yaitu sejak awal bulan Ramadhan sampai akhir bulan ramadhan.

Dari sudut perpajakan, jelas bahwa zakat fitrah ini adalah zakat perseorangan, sehingga biaya yang dikeluarkan oleh orang tersebut merupakan pengeluaran biaya pribadinya sehingga tidak diperlukan laporan atas pengeluaran zakat Fitrah ini.

Zakat Mal.

Zakat Mal adalah zakat harta benda. Adapun harta benda yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah Emas, Perak, Uang Simpanan, Hasil Pertanian, Harta Perniagaan, Binatang Ternak dan Harta Karun. Penulis tidak akan menjelaskan cara menghitung zakat atas masing-masing harta benda yang wajib dikeluarkan zakatnya, namun hanya memberikan penjelasan sebagaimana yang telah umum terjadi di masyarakat.

Biasanya masyarakat menghitung Zakat Mal-nya ini dengan mengeluarkan sebesar 2,5 % dari penghasilan yang diperolehnya . Perusahaan muslim biasanya juga menyisihkan 2,5% dari penghasilan yang diterimanya sebagai zakat perusahaan. Yang tercatat di perusahaan kemudian adalah muncul biaya zakat dalam pembukuaannya

Dalam UU No.17 tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan Pasal 9 ayat 1 huruf g biaya zakat ini merupakan biaya yang diperkenankan sebagai biaya (Deductible Expense) sepanjang biaya zakat atas penghasilan yang nyata-nyata dibayar,dibayar oleh Wajib Pajak orang pribadi pemeluk agama Islam dan atau Wajib Pajak Badan dalam negeri yang dimiliki oleh pemeluk agama Islam kepada badan amil zakat atau lembaga amil zakat yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah.

Dalam UU No.17 tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat 3 , disebutkan juga bahwa Bantuan atau sumbangan, termasuk zakat yang diterima oleh badan amil zakat atau lembaga amil zakat yang dibentuk atau disahkan oleh Pemerintah dan para penerima zakat yang berhak bukan merupakan Obyek Pajak.

Yang patut di perhatikan di sini adalah bahwa zakat tersebut harus di berikan kepada lembaga Amil Zakat yang di bentuk atau di sahkan oleh pemerintah agar dapat di jadikan sebagai biaya perusahaan.

Sebagai informasi tambahan dalam UU Pajak Penghasilan (PPh) yang telah disahkan oleh DPR pada hari Selasa (2/9/2008), yang akan diberlakukan pada awal tahun 2009 telah diatur ketentuan yang lebih baik dan adil bagi semua pemeluk agama di Indonesia. Dimana sumbangan dalam rangka keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia dapat di jadikan sebagai pengurang penghasilan bruto, jadi dalam hal ini bukan hanya umat islam saja yang mendapatkan benefit perpajakan.

sekian dari saya semoga bermanfaat.

diambil dari: http://pajak.com.

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s