//
you're reading...
ARTIKEL

PANDUAN INTERNET BANKING BCA PENDAFTARAN INTERNET BANKING


Setelah anda memiliki tabungan BCA dan kartu ATM, maka anda dapat mendaftar internet banking BCA. Ada 2 cara pendaftaran internet banking BCA, yaitu dengan mengisi formulir internet banking langsung di kantor cabang BCA terdekat dan pendaftaran melalui ATM BCA.
Langkah pendaftaran melalui ATM BCA :
• Pilih menu Daftar Auto Debet/E-Banking di sebelah kiri bawah
• Pilih Internet Banking
• Masukkan 6 digit angka PIN anda sebagai PIN Internet Banking
• Tunggu beberapa saat dan anda akan mendapatkan struk (print out) registrasi Internet Banking anda yang di dalamnya berisi USERNAME anda
• Selesai tahap ini, anda tinggal melakukan aktivasi di situs Internet Banking BCA
AKTIVASI INTERNET BANKING
• Sebelum melakukan proses ini, anda perlu menyiapkan kartu ATM (16 digit nomor di kartu ATM) dan alamat email pribadi anda yang aktif
• Buka situs Internet Banking BCA di http://www.klikbca.com
• Klik menu Login Individual (nasabah non perusahaan
• Masukkan username sesuai struk pendaftaran dan password yang telah anda buat melalui ATM
• Aktivasi, akan muncul halaman persetujuan syarat penggunaan Internet Banking
• Baca dan pelajari, lalu klik setuju di bagian bawah
• Anda akan dibawa ke halaman aktivasi dan diminta memasukkan beberapa data
• Masukkan data2 anda, email, 16 digit nomor kartu ATM, username sesuai di struk pendaftaran dan PIN, 6 digit yang anda masukkan untuk pendaftaran di ATM
• Lakukan login dengan username dan password anda
• Lanjutkan, dan Selamat, Internet Banking anda telah aktif dan dibawa ke halaman sambutan
Anda telah berhasil aktivasi internet banking BCA dan bisa melakukan transaksi non finansial seperti Cek Saldo, Mutasi Rekening (Masuk Keluar) hari ini sampai 31 hari kebelakang (+/- 1 bulan). Untuk dapat melakukan transaksi finansial seperti pembayaran telepon, listrik, air, dan transfer maka anda harus memiliki KeyBCA dan aktivasi di kantor cabang terdekat.
PENDAFTARAN KEYBCA
Setelah melakukan registrasi dan aktivasi internet banking BCA, anda baru dapat menggunakan internet banking BCA untuk transaksi non finansial saja yaitu melihat informasi saldo dan informasi mutasi rekening. Untuk dapat bertransaksi finansial seperti: Transfer Dana, Pembayaran dan Pembelian, anda harus terhubung dengan keyBCA.
KeyBCA semacam alat penghasil PIN acak yang selalu berubah-ubah untuk dimasukkan sebagai salah satu pengaman tambahan transaksi Internet Banking melalui KeyBCA hanya dapat digunakan oleh User ID yang terhubung dengan KeyBCA tersebut. KeyBCA dipergunakan untuk transaksi finansial
Untuk mendapatkan keyBCA, langkahnya sebagai berikut:
• Siapkan kartu Paspor BCA/ ATM BCA anda karena anda membutuhkan nomor kartu untuk registrasi
• Masuk ke situs klikBCA di http://www.klikbca.com/ dengan login menggunakan username dan password klikBCA anda
• Pilih Menu “Administrasi – Registrasi KeyBCA“
• Masukkan No.Kartu Paspor BCA/ATM yang digunakan untuk melakukan registrasi internet banking di ATM BCA
• Pilih lokasi kantor cabang BCA untuk pengambilan KeyBCA. Pilihan yang tersedia hanya KCU alias kantor cabang umum saja
• Anda akan dikenakan biaya administrasi keyBCA sebesar Rp. 10.000 (sekali saja) yang didebet langsung dari rekening Anda
• KeyBCA dapat diambil di kantor cabang BCA pilihan Anda, setelah 10 (sepuluh) hari kerja terhitung mulai saat anda melakukan registrasi.
• Saat mengambil keyBCA jangan lupa membawa buku tabungan, kartu paspor BCA/ATM BCA, dan KTP
TIPS TRANSAKSI AMAN DI INTERNET BANKING
Hati-hati dengan security transaksi finansial di Internet. Langkah preventif perlu kita lakukan untuk mengamankan transaksi Internet Banking kita. Kecerobohan yang kita lakukan, akan membuka celah orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan akun kita.
Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar aman bertransaksi di internet. Aman menggunakan Internet Banking untuk transaksi finansial kita baik bayar tagihan internet, telepon, listrik, air, asuransi, dll serta transfer ke keluarga atau mitra bisnis kita melalui Internet Banking.
Usahakan untuk tidak login KlikBCA atau mengakses Internet Banking di sembarang komputer. Lebih secure dan aman gunakan komputer pribadi atau paling tidak teman yang anda percayai. Hindari login dari warnet, atau area hotspot umum karena bisa jadi telah dipasang keylogger atau spyware yang bisa mencuri data-data yang anda masukkan.
Sesuai rekomendasi BCA, gunakan browser (program/software) Internet Explorer versi 6.0 keatas. Karena sistem security Klik BCa di setting maksimal berjalan di browser/program ini. Bila anda pecinta Mozilla Firefox, atau Opera dan browser yang lain, sementara tanggalkan kecintaan anda khusus saat mengakses Internet Banking BCA/ KlikBCA.
Gunakan browser Internet Explorer versi 6.0 ke atas (Include dalam windows XP, XP SP 1, XP SP2, Vista). Bila komputer yang anda gunakan masih menggunakan Windows 98, upgrade dulu Internet Explorer anda ke versi 6.0 atau diatasnya. Hal ini hanya berlaku untuk situs KlikBCA saja. Bank lain mungkin menset keamanan browsernya maksimum di program browsing internet yang lain seperti Firefox atau Opera.
Ketikkan alamat/ address KlikBCA dengan benar di address bar, yaitu http://www.klikbca.com . Bila anda membuka dari link sebuah situs seperti dalam situs ini, pastikan yang muncul di address bar adalah alamat situs Asli Klik BCA dengan memeriksa alamatnya http://www.klikbca.com.
Setelah mengklik menu login, anda akan dibawa masuk ke situs KlikBCA yang dilengkapi proteksi dengan tanda gembok yang bisa anda lihat di bagian bawah kanan browser Internet Explorer.
Alamat/ address yang dituju setelah klik login adalah https bukan lagi http, artinya halaman yang kita masuki adalah halaman yang security-nya diproteksi dengan enkripsi. Sehingga alamat yang benar setelah kita klik login adalah https://ibank.klikbca.com/
Bila anda mendapati alamat yang tidak sesuai dengan address atau alamat diatas, segera keluar (tutup Internet Explorer) dan ulangi dari awal. Karena kemungkinan halaman yang anda buka adalah halaman palsu, bila anda masukkan usrname dan password dihalaman ini maka data anda akan dicuri.
Simpan KeyBCA anda dengan aman dan jangan beritahukan password/ PIN KeyBCA anda pada orang lain. Jangan pula menuliskannya di meja, atau di file dengan judul mencolok seperti PIN keyBCA dll yang mengundang orang untuk membuka. Yang penting juga, jangan membuat kombinasi PIN dengan angka yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nomor telepon, dll.

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s