//
you're reading...
ARTIKEL


A. PENGERTIAN JINAYAH

Pada dasarnya, pengertian istilah jinayah mengacu kepada hasil perbuatan seseorang. biasanya pengertian tersebut terbatas pada perbuatan yang dilarang. dikalangan fuqoha, perkataan jinayah berarti perbuatan-perbuatan yang terlarang menurut syara’. meskipun demikian, pada umumnya fuqoha menggunakan istilah tersebut hanya intuk perbuatan-perbuatan yang mengancam keselamatan jiwa, seperti pemukulan, pembunuhan, dan sebagainya.

Dari berbagai batasan mengenai istilah jinayah diatas, maka pengertian jinayah dapat dibagi kedalam dua jenis pengertian yaitu:

dalam arti luas, jinayah merupakan perbuatan-perbuatan yang dilarang syara’ dan mengakibatkan hukuman had, atau ta’zir.

dalam arti sempit, jinayah merupakan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh syara’ dan dapat menimbulkan had bukan ta’zir.

B. Unsur atau Rukun Jinayah

sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, pengertian jinayah mengacu pada perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh syara’ dan diancam dengan hukuman had atau tini dikenal dengan a’zir.

dari penjelasan tersebut, dapat ditarik unsur atau rukun umum dari jinayah. Unsur atau rukun jinayah tersebut adalah:

Adanya Nash, yang melarang perbuatan-perbuatan tertentu yang disertai hukuman atas perbuatan-perbuatan di atas. Unsur ini dikenal dengan unsur formal.

Adanya unsur perbuatan yang membentuk jinayah, baik berupa melakukan perbuatan yang dilarang atau meninggalkan perbuatan yang diharuskan. Unsur ini dikenal dengan istilah unsur mateial.

Pelaku kejahatan adalah orang yang dapat menerima khjtab atau memahami ta’lif, artinya pelaku kejahatan tadi adalah mukalaf. sehingga mereka dapat dituntut atas kejahatan yang mereka lakukan. Unsutperbuatan r ini dikenal dengan istilah unsur moral.

Suatu perbuatan dapat dikategorikan sebagai jinayah jika perbuatan tersebut mempunyai unsur-unsur/rukun-rukun tadi. Tanpa ketiga unsur tersebut, sesuatu perbuatan tidak dapat dikategorikan sebagai perbuatan jinayah.

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s