//
you're reading...
ARTIKEL

5 Manfaat Musik dalam Kehidupan Manusia


Terkadang saat kita sedang jenuh hal yang paling mudah untuk menghilangkan kejenuhan adalah dengan mendengarkan musik / lagu kesukaan kita. Karena dengan mendengarkan musik pikiran kita bisa menjadi fresh kembali. Secara tidak langsung  ungkapan bahasa dan bunyi alat musik itu mampu merubah perasaan kita yang sedih menjadi perasaan yang bahagia. Berdasarkan penelitian sains telah dibuktikan bahwa musik ternyata dapat membantu jiwa manusia lebih tenang dan seimbang. Dan karena adanya  pengaruh positif musik terhadap fisik dan psikologis manusia itu, menjadikan musik dimanfaatkan sebagai media penyembuhan. Tentu saja penggunaan musik harus digunakan secara proporsional.

Sejak lahir manusia sudah memiliki keterkaitan dengan musik. Mulai jantung berdetak sampai hembusan-hembusan nafas oleh manusia bila dipadukan dengan irama yang tepat bisa menghasilkan sebuah musik yang indah, karena sejatinya musik itu bukan hanya saja dari alat-alat musik yang dipadukan seperti gitar, drum, dan bass. Dedaunan pun dapat menghasilkan suara yang indah jika mampu diolah dengan baik. Selain keterkaitan antara manusia dengan musik, ternyata musik juga mampu mempengaruhi manusia dari beberapa aspek. Seperti,  Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh. Sehingga ada musik yang membuat Anda gembira, sedih, terharu, terasa sunyi, semangat, mengingatkan masa lalu dan lain-lain.Tidak jarang lagi pengetahuan mengenai musik yang memengaruhi jiwa maupun kelakukan pendengar. Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergerak. Semuanya bergoyang dengan dahsyat, bahkan cenderung lepas kontrol.

oleh karena itu manfaat musik bagi manusia itu banyak sekali diantaranya saya rangkumkan dibawah ini:

1. Musik rap bikin kreatif

lirik musik rap tercipta secara spontanitas dan improvisasi. Para peneliti menemukan setiap lirik yang diciptakan secara spontan, penuh improvisasi, dan dibuat tanpa konsentrasi penuh, dapat meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak. Area otak ini bertanggung jawab penuh atas munculnya kreativitas dan ide-ide brilian.

2. Musik klasik bikin fokus
Peneliti dari Stanford University menunjukkan musik klasik akan membantu pikiran lebih fokus dan dapat memilah informasi. Nada yang ada dalam musik klasik dapat mempertajam otak, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

3. Musik enerjik tingkatkan semangat
Musik memengaruhi sistem saraf pusat untuk melakukan kegiatan sekaligus membantu mengalihkan pikiran Anda dari ketidaknyamanan. Penelitian menunjukkan musik energik cocok didengarkan saat melakukan aktivitas yang cukup berat. Nada cepat yang ada dapat membangun semangat dan memberi inspirasi untuk aktif.

4. Lagu favorit membuat Anda jadi lebih baik
Mendengarkan lagu yang Anda sukai dapat memicu pelepasan dopamin, sebuah neurotransmitter di otak yang dapat meningkatkan rasa senang. Jadi, sering-seringlah mendengarkan lagu favorit agar mood Anda semakin baik.

5. Nada tertentu dapat menyembuhkan Anda
Sebuah studi di University of Kentucky memaparkan ada seorang pasien yang mendengarkan musik yang lembut sebelum, selama dan setelah operasi. Ternyata setelah mendengarkan musik tersebut, rasa nyeri dan kecemasan pasien berkurang, sehingga hanya memerlukan sedikit obat penenang. Dan sebaliknya musik keras bisa menimbulkan rasa jengkel bagi yang mendengarnya.

Kehidupan tanpa musik ibarat sangkar tanpa burung yang selalu berkicau. tanpa musik mungkin kita akan sulit menghilangkan kejenuhan. Maka dari nikmatilah lantunan musik yang anada sukai mungkin dengan begitu perasaan anda akan menjadi lebih tenang dan refresh kembali. Dan semoa saja 5 manfaat musik bagi kehidupan manusia ini dapat menghilangkan kegalauan anda.

About these ads

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,527 other followers