//
you're reading...
ARTIKEL

Cara Mengatasi Kemiskinan di Indonesia


Kemiskinan berdasarkan Wikipedia  adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. kemiskinan juga dapat disebabkan karena sistem pemerintahan yang tidak pro dengan rakyat, sehingga menyebabkan kensenjangan antara pemerintah dengan masyarakat kecil. selain itu kemiskinan yang disebabkan karena pandangan agama yang salah, contohnya, kita tahu bahwa semua mati, rezeki, itu ada yang mengatur akan tetapi jika kita disertai dengan usaha maka darimana rezeki itu akan datang, hal ini biasanya terjadi pada kalangan orang melakukan zuhud, penulis membuat contoh seperti ini bukan berarti zuhud itu salah akan tetapi kita harus bisa mengkontekskannya dengan keadaan sosial saat ini. Dunia saat ini sudah mengalami  perkembangan zaman, maka dari kita harus bisa menerapkan konteks zuhud pada masa lalu apakah masih relevan atau tidak dengan keadaan sosial sekarang ini.

Masalah kemiskinan memang menjadi momok yang harus dikerjakan oleh pemerintah, tidak hanya di Indonesia saja akan tetapi hampir di semua negara, seperti di Amerika, yang terkenal dengan keadaan ekonomi yang kuat masih saja dilanda kemiskinan. banyak hal yang menyebabkan kemiskinan itu terjadi salah satunya tadi sudah saya singgung diatas. Penyebab yang lainnya kemiskinan terjadi karena faktor alami dimana keadaan alamnya tidak mendukung kebutuhan pangan pada masyarakat setempat, yang kedua karena malasnya orang untuk bekerja, hal ini terjadi karena pengaruh pergaulan yang salah biasanya hal ini terjadi pada kalangan anak muda yang saat-saat produktifnya untuk bekerja.

Kemiskinan sekarang tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi sudah menjadi tanggung jawab semua warga negara pada sebuah negara tanpa terkecuali. Kenapa saya katakan begini karena jika kita hanya menggantungkan pada pemerintah saja maka  masalah kemiskinan itu tak akan kunjung usai. Jika kita ingin maslah kemiskinan ini segera selesai maka kita harus salang bekerja sama dalam membasmi Virus kemiskinan, karena tanpa kerjasama dan hanya mengandalkan pemerintah saja hasilnya tidak akan signifikan. Sesuai dengan judul yang saya sajikan 3 Cara Mengatasi Kemiskinan Yang terjadi di Indoensia Ini saya telah membuat tiga Gagasan diantaranya yaitu:

1. Pemerintah harus membuat program yang jelas dan konsisten untuk memabasmi masalah kemiskinan. Progam ini harus dijalankan dengan komitmen yang tinggi, jangan sampai kejadian yang lalu terulang kembali, yaitu pembagian uang BLT yang saya rasa itu tidak efesien, malah membuat masyarakat menjadi ketergantungan dan malas bekerja. Kita bisa melihat sendiri dampak dari BLT tahun kemaren.

2. Semua masyarakat harus sadar akan tanggung jawabnya terhadap sebuah negara, tanggung jawab ini tidak hanya menjaga nama baik sebuah negara, atau mematuhi hukum yang di tetapkan dalam negara, akan tetapi seperti masalah kemiskinan ini juga menjadi tanggung jawab oleh semua warga negara, walaupun yang miskin itu bukan saudara sedarah kita ataun kerabat kita tapi kita hidup dalam satu negara apakah kita tega melihat mereka miskin, tidak punya rumah, menggembel dan sedangkan kita bergelimbangan harta setiap hari selalu pergi ke mall belanja sebanyak-banyaknya untuk menghabiskan uang yang tidak jelas kegunaanya, alangkah baiknya kita sisihkan untuk membantu mereka.

gagasan diatas adalah murni hasil pemikiran penulis jika memang ada gagasan yang bertentangan dengan gagasan orang lain penulis minta maaf karena saya mengambil dari realita yang ada saat ini. demikian sedikit wacana ini saya sampaikan kurangnya saya minta maaf sebesar besarnya,

About TokiMachi

Menjadi orang yang berguna bagi orang lain itu adalah prinsip hidup saya, melalui Coretan Puena Ini mudah-Mudahan apa yang ada pada diri saya dapat saya transformasikan dan mudah-mudahan berguna bagi mereka.

Discussion

4 thoughts on “Cara Mengatasi Kemiskinan di Indonesia

  1. Yth. Sdr About TokiMachi, saya memberikan aprisiasi kepada anda tentang penulisan cara mengatasi kemiskinan mmg sangat sulit memutus mata rantai kemiskinan apa lagi dr masyarakat itu tidak mau merubah sikap prilakunya sendiri dan selalu tergantung kpd org lain, 3 cara mengatasi kemiskinan baru tertuang 2 cara, mhn yg ke tiga di paparkan disini, krn sangat bermanfaat bagi saya sbg referensi tindak lanjut di wilayah / di lapangan, trmksh. saya ermi soegiarti dr banyuwangi.

    Posted by Ermi Soegiarti | June 10, 2013, 6:05 pm
    • saudara Ermi Soegiarti saya minta maaf karena saya telat membalas komentar anda, maklum kesibukan di kampus jadi lama tak membuka blog. saya ucapkan terima kasih atas apresiasinya …… untuk gagasan yang ketiganya nanti akan segera saya posting. kemarin sebenarnya udah semua, namun kesalah saya mengopi file dari flesdisk, jadi yang ke upload keliru yang ini deh, sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih

      Posted by TokiMachi | June 23, 2013, 7:46 am
  2. saya setuju dgn mas toki Upaya penanggulangan kemiskinan tidak cukup hanya dengan memberikan bantuan secara langsung pada masyarakat miskin karena penyebab kemiskinan tidak hanya disebabkan oleh aspek yang bersifat materialis, akan tetapi juga karena kerentanan dan minimnya akses untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat miskin. Perlu adanya Pendekatan dan pemberdayaan agar masyarakat miskin dapat keluar dari kemiskinan dengan menggunakan potensi dan sumberdaya yang dimilikinya. Dgn dibuat program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat .maka dgn demikian masyarakat miskin mulai menyadari kemampuan dan potensi yang dimilikinya untuk keluar dari kemiskinan.

    Posted by Bimo Bagus Purnama | July 13, 2013, 2:55 pm
  3. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih karena telah berkunjung. Saya sangat sependapat dengan Agan, program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat menurut saya merupakan terobosan yang sangat bagus. Seharusnya pemerintah melakukan pendekatan yang lebih bagi masyarakat miskin, bukan hanya memberikan bantuan material saja. karena kemiskinan yang terjadi saat ini tidak hanya miskin harta melainkan mental masyarakat Indonesia saat ini telah kehilangan keyakinan akan keluar dari lingkaran kemiskinan. mereka sudah pasrah dengan kondisi perekonomian yang terjadi di Negeri ini, hanya orang- orang yang mempunyai keyakinan kuatlah yang mampu keluar dari lingkaran kemiskinan. Jika pemerintah tidak pernah mencoba memberikan semangat spiritual dan mencoba mencari potensi yang yang ada maka, sangat mustahil jika masyarakat Indonesia ini bisa keluar dari lingkaran kemiskinan.

    Posted by TokiMachi | September 5, 2013, 1:07 pm

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,221 other followers